0
ini ditujukan bagi siapa saja yang membutuhkan, untuk digunakan sebagai referensi sesuai keperluan baik itu di lingkungan sekolah (Pendidikan dan Kesehatan) ataupun umum untuk Guru bahkan Operator Sekolah. Anda dapat melihat preview sebelum mendownload guna menghindari kesalahan pemilihan file. Berikut ini preview dan link downloadnya :

File Name: Kecerdasan KINESTETIK Pada anak Usia Dini

Kecerdasan KINESTETIK Pada anak Usia Dini

contohberkas.com - Kecerdasan KINESTETIK Pada anak Usia Dini atau disebut juga kecerdasan gerak pada anak. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang khusus, seperti koordinasi, keseimbngan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan menerima rangsangan panca indera. Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan kinestetik jasmani adalah: Kemampuan menggerakkan anggota tubuh.

Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan kinestetik jasmani adalah:

  • Kemampuan menggerakkan anggota tubuh.
  • Kemampuan mengatur keseimbangan tubuh.
  • Kemampuan mengatur kelenturan tubuh.
  • Kemampuan menjaga kesehatan tunuh.


Beberapa bentuk permainan yang digunakan guna mengembangkan kemampuan kecerdasan kinestetik-jasmani adalah:

1. Permainana Olah Raga


Jalan, lari, berenang, main bola, senam, merupakan contoh permainan yang dapat mengembangkan kemampuan fisik atau olah tubuh anak. Orang tua dan pendidik dapat mengajak anak melakukan permainan olah raga secara rutin hari minggu atau hari-hari tertentu. Olah raga tidak hanya akan melatih kecerdasan kinestetik anak, melainkan juga bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh anak.

2. Gerak dan Lagu atau Menari


Permainan gerak dan lagu atau menari, bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan kelenturan tubuh anak. Untuk anak usia dini bermain ini dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan yang sederhana dengan tidak meninggalkan unsur gerak dan seninya.

3. Permainan Motorik Halus (dengan otot-otot kecil)


Berbagai kegiatan permainan dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak antara lain: mencoret-coret, menirukan pola gambar tertentu (balon, buku, bola, piring, gelas, dll), meronce, melipat, bermain plastisin, bermain pasar-pasaran, meletakkan benda-benda misalnya mainan pada tempatnya. Permainan bongkar pasang, balok kayu da bermain pasir juga bisa digunakan untk mengembangkan kemampuan motorik halus anak.

4. Permainan Motorik Kasar (dengan otot-otot besar)


Disamping permainan olah raga ada beberapa permainan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, antara lain: bermain ayunan, jungkat-jungkit, plosotan, panjat-panjatan, gobag sodor, bermain sepeda, dll.

Demikian bahasan tentang Kecerdasan KINESTETIK Pada anak Usia Dini semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda (PG), Isian Singkat dan Soal Uraian Otomatis
Download Bukti Fisik Supervisi Kelas Lengkap Terbaru


File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Kecerdasan KINESTETIK Pada anak Usia Dini ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Paud dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian di Google.

Posting Komentar

 
Top