Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Olahraga (Melalui Klub Olahraga di Sekolah)

Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Olahraga (Melalui Klub Olahraga di Sekolah) : Pembentukan Klub Olahraga di Sekolah Dasar merupkan upaya penyediaan wahana bagi tumbuh dan berkembangnya siswa sekolah dasar yang memiliki minat, bakat dan kemampuan dalam bidang olahraga. Klub Olahraga Sekolah Dasar dikembangkan untuk mewadahi pembinaan olahraga bagi siswa sekolah dasar dalam lingkup gugus sekolah. 

Oleh karena itu pembentukan Klub Olahraga Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dasar khususnya membina dan mengembangkan potensi siswa yang berbakat dalam bidang olahraga.

Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Olahraga
Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Olahraga

Keberadaan Klub Olahraga di Sekolah Dasar telah dirintis sejak tahun 1997 meliputi 9 klub pada 9 provinsi. Hingga akhir tahun 2012 klub olahraga di sekolah dasar secara kuantitatif berkembang pesat dan telah mencapai 2.688 klub. 

Namun dari sisi kualitatif, keberadaan klub-klub olahraga di sekolah dasar masih memerlukan reorientasi dan pembinaan secara lebih lanjut. Oleh karena itu, dipandang perlu adanya publikasi tentang landasan kebijakan dan mekanisme pengelolaan Klub Olahraga di Sekolah Dasar.


Dengan adanya pedoman tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengelola Klub Olahraga di Sekolah Dasar secara praktis dan memiliki kontribusi nyata dalam menopang tiga pilar pembangunan olahraga serta peningkatan prestasi olahraga nasional, baik di tingkat Asia Tenggara, Asia maupun Internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Olahraga (Melalui Klub Olahraga di Sekolah)"

Post a Comment